Elastomer Jembatan



Elastomer  jembatan  mempunyai fungsi untuk menunjang  bagian atas jembatan agar tetap berada pada suatu elevasi yang  konstan dan meneruskan semua gaya yang berasal dari bagian atas jembatan ke bagian bawahnya . Elastomer  jembatan merupakan tumpuan ( bearing ) yang menghubungkan dan mengontrol  interaksi beban dan gerakan diantara elemen-elemen  jembatan , biasanya antara bagian atas jembatan ( superstructure ) dan bagian bawahnya ( substructure ).



Elastomer  jembatan  merupakan  type tumpuan ( bearing ) yang paling sederhana dan ekonomis dari  semua type tumpuan yang  digunakan pada konstruksi  jembatan. Elastomer  jembatan diklasifikasikan menjadi empat type :

1. Elastomer  jembatan Type Polos ( Elastomer Bearing Pads  tanpa lembaran pelat baja) 

Elastomer Jembatan.Elastomer Bearing pads,Karet Bantalan Jembatan



2. Elastomer  jembatan  Type Berlapis ( Elastomer Bearing Pads dengan lembaran pelat baja)

Elastomer Jembatan.Elastomer Bearing pads,Karet Bantalan Jembatan
3. Fiberglass Reinforce Elastomer Bearing Pads
4. Cotton Duck Reinforce Elastomer Bearing Pads

Dari empat type tersebut yang paling banyak digunakan adalah Elastomer  Jembatan  Type Berlapis  | Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads  khususnya untuk konstruksi jembatan yang menggunakan girder beton pratekan (prestressed concrete girder) dan juga sering digunakan pada konstruksi jembatan yang menggunakan gider pelat baja (steel plate girder).

Plain Elastomer Bearing Pads  atau Elastomer  Jembatan Type Polos lebih banyak digunakan untuk kontruksi jembatan yang dirancang untuk pembebanan rendah. 

Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads, kenapa Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads, karena type ini paling banyak digunakan di Indonesia :

Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads atau Elastomer  Jembatan  Type Berlapis  dibuat dari bahan karet alam ( Natural Rubber ) atau bisa juga dengan karet sintetis ( polychloroprene rubber )  yang didalamnya diisi lembaran pelat baja tipis (+/- 3 mm ). Bonding vulcanization antara lembaran pelat baja dengan karet menyebakan Elastomer  Jembatan  Type Berlapis  ini mempunyai kemampuan mengakomodasi gerakan horizontal (Horizontal movement)  sehingga sangat fleksibel terhadap pergeseran girder jembatan akibat adanya beban vertical ( vertical load ) maupun beban begerak ( pengereman mobil,angin,gempa bumi dsb).

 Lembaran-lembaran  pelat baja yang berada didalamnya diatur dengan jarak sedemikian rupa sehingga menyebakan Elastomer  jembatan  ini mampu mencegah terjadinya penggelumbungan ( bulging ) sehinga mampu mencegah terjadinya deformasi.Pengujian Kekakuan Tekan ( stiffness in compression ) dan Kekauan Geser ( stiffness in shear ) terhadap Elastomer Bearing Pads sangat diperlukan untuk memperoleh Design Elastomer  jembatan  yang sesuai dengan specifikasi jembatan.


Proses produksi Steel Reinforce Elastomer Bearing Pads harus ditunjang dengan Hot Press Hydraulic Machine  yang mempunyai tekanaan yang memadai, sehingga bisa dihasilkan Elastomer  jembatan  yang betul-betul berkualitas, tidak berongga/porous ( harus padat)  dan tidak menggelembung ( bulging ) sebelum diinstalasi /dipasang.
Bhineka Rubber yang ditunjang dengan peralatan/mesin yang memadai dan tenaga kerja berpengalaman mampu menghasilkan  Elastomer  jembatan  yang berkualitas.
Posted by BCS Rubber Industry
Karet Bantalan Jembatan,Elastomer Bearing Pads,Bantalan Elastomer Updated at: 12/07/2015
BCS Rubber Industry
Karet Bantalan Jembatan,Elastomer Bearing Pads,Bantalan Elastomer Updated at: 12/07/2015

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts