Jual elatomeric bearing pads,harga elastomeric bearing pad, test elastomeric bearing pads, spesifikasi elastomeric bearing pads,pengertian elastomeric bearing pads, produsen elastomer bearing pads, specialist elastomeric bearing pads,ekspedisi elastomeric Bearing pads,Kualitas Elastomeric Bearing Pads, Pabrik Elastomeric Bearing Pads, Design Elastomeric Bearing Pads,Ukuran Elastomer Bearing Pads, standard elastomeric bearing pads, beban elastomeric bearing pads,non steel plate elastomeric bearing pads, laminated elastomeric bearing pads, type polos elastomeric bearing pads, type laminasi elastomeric bearing pads, material elastomeric bearing pads,peletakan elastomeric bearing pads,Jual karet bantalan jembatan,harga karet bantalan jembatan, test karet bantalan jembatan, spesifikasi karet bantalan jembatan,pengertian karet bantalan jembatan, produsen karet bantalan jembatan, specialist karet bantalan jembatan,ekspedisi karet bantalan jembatan,Kualitas karet bantalan jembatan, Pabrik karet bantalan jembatan, Design karet bantalan jembatan,Ukuran karet bantalan jembatan, standard karet bantalan jembatan, beban karet bantalan jembatan,non steel plate karet bantalan jembatan, laminated karet bantalan jembatan, type polos karet bantalan jembatan, type laminasi karet bantalan jembatan, material karet bantalan jembatan,peletakan karet bantalan jembatan Posted on - 7/16/2012 with No comments
Konstruksi bagian bawah jembatan meliputi :
1. Pangkal Jembatan (abutment + Pondasi)
2. Pilar Jembatan (Pier + Pondasi)
Fungsi Bagian Bawah jembatan adalah untuk menerima beban dari bagian bengunan atas dan kemudian menyalurkan ke pondasi, beban tersebut selanjutnya disalurkan ke tanah oleh pondasi.
Beban bagian atas : Beban Mati/ Dead Load (beban Jembatan sendiri) + Beban Hidup/living Charges (kendaraan + angin dll).
Abutment adalah bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar – pilar jembatan, berfungsi sebagai pemikul seluruh beban hidup (Angin, kendaraan, dll) dan beban mati (beban gelagar, dll) pada jembatan.
PELETAKAN "ELASTOMER BEARING" PADA ABUTMENT |
Elastomeric
Bearing Pads / Bantalan adalah karet jembatan yang merupakan salah satu
komponen utama dalam pembuatan jembatan, yang berfungsi sebagai alat peredam
benturan antara jembatan dengan pondasi utama.
Sifat elastomer ‘utama’ ini tidak mutlak berperilaku sebagai ‘sendi’ atau ‘roll’ murni, tapi
dalam aktual fisik di lapangan, jembatan yang menggunakan tipe tumpuan seperti
ini berperilaku layaknya bertumpuan sendi-roll murni dalam pemodelan
(komputer). Memang ada banyak ‘tambahan’ komponen selain tumpuan utama untuk
mencapai keadaan tersebut dan perilakunya menyerupai mekanika sendi-roll.
Set lengkap
tumpuan elastomeric untuk jembatan antara lain sbb :
- Elastomeric bearing utama (menahan displacement vertikal, sedikit displacement horisontal, dan kemampuan rotasi-sesuai desain)
- Lateral stopper (menahan displacement horisontal berlebih dan mengunci posisi lateral jembatan)
- Seismic buffer (menahan displacement horisontal berlebih arah memanjang jembatan)
- Anchor bolt (menahan uplift yang mungkin terjadi pada salah satu tumpuan pada saat gempa)
Biasanya tumpuan
karet tersebut dipasang setelah pengecoran slab beton untuk lantai selesai
(setelah beton kering), guna menghindari translasi dan rotasi awal yang timbul
akibat deformasi struktur jembatan oleh beban mati tambahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar