Elastomeric Bearing Pads + Abutment

         Konstruksi bagian bawah jembatan meliputi :
1. Pangkal Jembatan (abutment + Pondasi) 
2. Pilar Jembatan (Pier + Pondasi) 

Fungsi Bagian Bawah jembatan adalah untuk menerima beban dari bagian bengunan atas dan kemudian menyalurkan ke pondasi, beban tersebut selanjutnya disalurkan ke tanah oleh pondasi. Beban bagian atas : Beban Mati/ Dead Load (beban Jembatan sendiri) + Beban Hidup/living Charges (kendaraan + angin dll). Abutment adalah bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar – pilar jembatan, berfungsi sebagai pemikul seluruh beban hidup (Angin, kendaraan, dll) dan beban mati (beban gelagar, dll) pada jembatan.


 
PELETAKAN "ELASTOMER BEARING" PADA ABUTMENT






        Elastomeric Bearing Pads / Bantalan adalah karet jembatan yang merupakan salah satu komponen utama dalam pembuatan jembatan, yang berfungsi sebagai alat peredam benturan antara jembatan dengan pondasi utama.
        Sifat elastomer ‘utama’ ini tidak mutlak berperilaku sebagai ‘sendi’ atau ‘roll’ murni, tapi dalam aktual fisik di lapangan, jembatan yang menggunakan tipe tumpuan seperti ini berperilaku layaknya bertumpuan sendi-roll murni dalam pemodelan (komputer). Memang ada banyak ‘tambahan’ komponen selain tumpuan utama untuk mencapai keadaan tersebut dan perilakunya menyerupai mekanika sendi-roll.
Set lengkap tumpuan elastomeric untuk jembatan antara lain sbb :
  • Elastomeric bearing utama (menahan displacement vertikal, sedikit displacement horisontal, dan kemampuan rotasi-sesuai desain)
  • Lateral stopper (menahan displacement horisontal berlebih dan mengunci posisi lateral jembatan)
  •  Seismic buffer (menahan displacement horisontal berlebih arah memanjang jembatan)
  • Anchor bolt (menahan uplift yang mungkin terjadi pada salah satu tumpuan pada saat gempa)
Bahan elastomeric bearing pad sendiri terbuat dari karet yang biasanya sudah dicampur dengan neoprene (aditif yang memperbaiki sifat karet alam murni) dan didalamnya diselipkan berlapis-lapis pelat baja dengan ketebalan dan jarak tertentu untuk memperkuat sifat tegarnya.
Biasanya tumpuan karet tersebut dipasang setelah pengecoran slab beton untuk lantai selesai (setelah beton kering), guna menghindari translasi dan rotasi awal yang timbul akibat deformasi struktur jembatan oleh beban mati tambahan.



Posted by BCS Rubber Industry
Karet Bantalan Jembatan,Elastomer Bearing Pads,Bantalan Elastomer Updated at: 7/16/2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts